Pages

Saturday, December 15, 2018

Keuntungan Memiliki Saudara Perempuan

Jakarta: Apakah Anda pernah terlibat pertengkaran dengan saudara perempuan saat kecil dulu? Dari perkara tak mau bergantian bermain video game, hingga sederet problem lainnya.

Walhasil, terkadang kita jadi kesal dibuatnya. Tapi tampaknya mulai sekarang kita harus bergegas mengucapkan terima kasih pada saudara perempuan yang kita miliki.

Sebab, tanpa disadari, saudara perempuan membentuk pribadi saudara lainnya menjadi lebih baik. Hal itu termaktub dalam sebuah studi Bringham Young University yang dituangkan dalam Journal of Family Psychology (2010).

Alex Jensen, akademisi dari kampus itu memaparkan bahwa saudara perempuan membantu perkembangan dan kemampuan bersosialisasi saudara kandungnya. Mereka juga orang yang ada di balik kepiawaian berkomunikasi saudara-saudaranya.

"Mereka membantumu mengembangkan kemampuan bersosialisasi, seperti komunikasi, kompromi, dan negosiasi," ujar Jensen.

Jensen juga menjelaskan bahwa saudara perempuan bisa meningkatkan kesehatan mental dan percaya diri. Sebab mereka orang pertama yang akan berperan melindungi saudara-saudaranya dari penyebab awal kerusakan mental.

"Seperti kesepian, tidak dicintai, perasaan bersalah, tidak percaya diri dan takut," imbuhnya.

Studi dari Brigham Young University ini juga menguji peran saudara perempuan dalam membentuk sifat positif. Kata Jensen saudara perempuan membantu saudaranya menumbuhkan rasa kasih sayang dan perhatian.

"Efek ini sangatlah kuat, dan bahkan tidak bisa dicapai dari perhatian dan kasih sayang yang kita dapatkan dari orangtua," ungkapnya.

Meski begitu, bukan berarti memiliki saudara laki-laki tidak penting. Laura Padilla-Walker, pemimpin penelitian ini menegaskan bahwa memiliki saudara kandung dari kedua jenis kelamin tentunya akan mempromosikan perbuatan baik pula bagi saudara lainnya.

"Saudara laki-laki membantu tetangga atau mengawasi anak-anak lain di sekolah. Atau melindungi saudaranya dari ancaman," tandasnya.

(ELG)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2ULu446
December 15, 2018 at 07:50PM from METROTVnews.com https://ift.tt/2ULu446
via IFTTT

No comments:

Post a Comment