Pages

Friday, December 7, 2018

Bocornya Blangko KTP-el Tak Pengaruhi DPT

Ketua KPU RI Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Dheri.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan blangko KTP elektronik (KTP-el) yang dijual bebas secara online tidak memengaruhi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. 
 
"(Blangko KTP-el bocor) enggak ada hubungannya dengan DPT," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Desember 2018.
 
Arief mengatakan, persoalan itu merupakan ranah Kementerian Dalam Negeri. KPU akan menyerahkan masalah pada Kementerian yang dinahkodai Tjahjo Kumolo itu.
 
"Saya percaya mereka pasti akan menyelesaikan ini dengan baik. Tunggu saja proses penyelesaiannya," ujar Arief.

Seperti diketahui, KTP-el menjadi syarat utama bagi para pemilih pada Pemilu 2019. Syarat itu juga berlaku bagi Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang tidak terdaftar tapi memenuhi syarat sebagai pemilih.

Baca: Mendagri Kesulitan Cegah Pencurian Blanko KTP-el

Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sebelumnya mengungkap kejahatan penjualan blangko KTP-el yang beredar di pasar online dalam kurun dua hari.
 
Kasus ini sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Pelaku terancam dijerat Pasal 96 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Ancaman pidana penjara paling lama 10 Tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

(FZN)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2E3hxTL
December 07, 2018 at 04:35PM from METROTVnews.com https://ift.tt/2E3hxTL
via IFTTT

No comments:

Post a Comment