Pages

Tuesday, January 29, 2019

Mengenal Kelainan Skin Picking

Jakarta: Banyak orang gemar memetik kulit mereka. Entah itu berbentuk koreng bekas luka, ataupun mencabuti kuku.

Tetapi kadang-kadang kegiatan tersebut terjadi hingga melewati garis batas menyababkan suatu kondisi gangguan yang disebut skin picking disorder.

Anda dikatakan mengalami skin picking disorder ketika memetik kulit terjadi dalam tempo yang sering dan intens. Sampai menyebabkan kulit mengalami pendarahan, luka, dan bekas luka tanpa sebab.

Uniknya, beberapa orang dengan gangguan ini berulang kali menggaruk untuk mencoba menghilangkan apa yang mereka lihat sebagai semacam ketidaksempurnaan di kulit mereka. Padahal bekas luka tersebut terjadi akibat ulah mereka sendiri, tanpa disadari.

Sementara itu pemetikan kulit memiliki efek yang beragam pada kulit Anda. Ini dapat menyebabkan jaringan parut permanen dan kulit berubah warna dalam beberapa situasi.

Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan rasa sakit dan pendarahan dan iritasi pada area kulit. Dalam beberapa kasus kulit bisa menjadi terinfeksi dan memerlukan pengobatan khusus.


(Banyak orang gemar memetik kulit mereka. Entah itu berbentuk koreng bekas luka, ataupun mencabuti kuku. Foto: Billie/Unsplash.com)

(Baca juga: Gatal-gatal Berikut Ini Merupakan Tanda Penyakit Serius)

Untungnya, ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan untuk mengobati gangguan skin picking disorder ini. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan, dinukil Times of India.

1. Jaga aktivitas tangan
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga tangan Anda tetap sibuk agar berhenti dari kebiasaan memetik kulit. Anda dapat membeli stress ball yang juga befungsi untuk memperkuat otot-otot di lengan dan pergelangan tangan.

2. Pelembap
Anda juga bisa memanfaatkan pelembap kulit untuk mengurangi kebiasaan skin picking disorder. Pelembap kulit juga bisa dimanfaatkan sebagai perawatan pasca iritasi yang disebabkan skin picking disorder.

3. Mendatangi psikolog
Anda harus mempertimbangkan mencari bantuan dari seorang profesional medis, terutama jika dua saran di atas tak bisa menyelamatkan Anda dari kebiasaan memetik kulit.

Biasanya para pakar menyarankan Anda menggunakan kombinasi terapi perilaku dan obat-obatan untuk mengurangi dorongan memetik kulit Anda.

(TIN)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2CQGiQS
January 30, 2019 at 02:32PM from METROTVnews.com http://bit.ly/2CQGiQS
via IFTTT

No comments:

Post a Comment