Pages

Friday, December 7, 2018

Turis Membeludak, Pulau Phi Phi Thailand Krisis Air Bersih

Maya Bay yang terletak di Pulau Phi Phi, Thailand. (Foto: AFP)

Bangkok: Pulau Phi Phi di Thailand kini sedang menghadapi krisis air bersih, terutama untuk diminum. Sebuah laporan dari Universitas Kasetsart Thailand membuktikan bahwa tahap krisis sudah mencapai tingkat tertinggi.

Tim dari universitas menemukam bahwa sumber air di pulau kecil tersebut tak cukup seimbang dengan volume wisatawan yang sangat besar.

Dilansir dari Telegraph, Jumat 7 Desember 2018, air keran pun tak bisa diminum karena telah terkontaminasi dengan limbah industri pariwisata.

Pantai kecil di Maya Bay bahkan terpaksa ditutup selama satu tahun sejak Juni tahun ini untuk memulihkan ekosistem karena kedatangan lima ribu wisatawan dan 200 perahu per harinya. 

"Selama periode terkering tahun ini, pulau penuh sesak dengan wisatawan dan permintaan air melambung. Sementara tidak ada hujan untuk mengisi dua kolam air tawar yang merupakan sumber air di pulau itu," ucap Sitang Pilailar, sang peneliti.

Yang mengkhawatirkan, ucap dia, penelitian menemukan bahwa air tanah telah terkontaminasi dengan patogen berbahaya dan logam berat akibat pencemaran air lepas pantai.

Pilailar pun menyarankan pemerintah daerah untuk membatasi pengunjung dan wisatawan setiap harinya demi mencegah rusaknya ekosistem Phi Phi.

(FJR)


Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2PpVb0z
December 07, 2018 at 04:07PM from METROTVnews.com https://ift.tt/2PpVb0z
via IFTTT

No comments:

Post a Comment