Pages

Wednesday, December 5, 2018

Singapura-Malaysia Perebutkan Batas Maritim

Johor Baru, yang berbatasan langsung dengan Singapura. (Foto: AFP)

Singapura: Pemerintah Singapura menyatakan akan memperluas batas perairan hingga wilayah Tuas. Pernyataan ini dikeluarkan setelah Malaysia hendak memperluas pelabuhan hingga mendekati wilayah laut Singapura.

Selain itu, Malaysia juga berencana mengambil alih kendali ruang udara di Johor, yang selama ini dikelola oleh Singapura.

"Singapura menegaskan kembali bahwa perairan teritorial Singapura diperluas hingga Tuas," sebut pernyataan Kementerian Transportasi Singapura, dikutip dari Channel News Asia, Rabu 5 Desember 2018.

"Dengan demikian, perluasan hingga Johor oleh Malaysia berarti melanggar batas wilayah Singapura dan merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatan negara dan hukum internasional," lanjut pernyataan itu.

Kementerian tersebut juga mengatakan bahwa kapal-kapal Malaysia telah berulang kali memasuki perairan teritorial dari arah Tuas selama dua pekan terakhir.

Singapura telah meminta Kuala Lumpur untuk menahan diri dari provokasi tersebut dan adanya pelanggaran hukum jika tetap dilanjutkan.

Kementerian Transportasi juga mengaku siap untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai sesuai dengan hukum internasional. 

(WIL)


Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2zKGdgE
December 05, 2018 at 06:26PM from METROTVnews.com https://ift.tt/2zKGdgE
via IFTTT

No comments:

Post a Comment