Pages

Friday, December 7, 2018

500 Satpol PP Kawal Pemindahan PKL Tanah Abang

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menurunkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengawal proses pemindahan pedagang kaki lima (PKL) ke Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau Skybridge Tanah Abang. Pasukan diterjunkan Senin, 10 Desember 2018.

"Senin kita akan turunkan 500 Satpol PP. Jadi, 300 dari provinsi, 200 dari wilayah," kata Irwandi di Skybridge Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Desember 2018.

Sementara itu, dia menyebut hanya 446 PKL yang terdaftar bisa menempati kios di JPM. Namun faktanya, jumlah pedagang di sekitar JPM berjumlah tiga kali lipat dari lapak yang tersedia. "Jumlahnya (total) seribuan lebih itu," imbuh Irwandi. 

Detailnya, kata dia, dari 446 PKL terdata bakal dipindah ke JPM. Sebanyak 200 PKL akan dipindah ke Blok F. Sisanya akan digusur karena tak terdaftar. "Nah itu tugas saya nanti nyapu sisanya PKL di bawah," beber dia.

Mantan Kadis UMKM itu tak mau memusingkan mengenai sisa PKL itu. Pihaknya tak akan menyediakan tempat bagi mereka untuk menjajakan barang dagangannya. Secara administratif, mereka dianggap liar dan tidak terdaftar.

Baca: Skybridge Tanah Abang Diresmikan Secepatnya

Menurut dia, para PKL tak terdaftar itu memang akan terus bertambah. Pasalnya, mereka melihat peluang ketika pedagang lama dipindah sehingga ada lapak berjualan di bawah JPM. Misalnya, di sekitar trotoar Jatibaru. 

"Itu sudah sifatnya PKL. Gua gantiin dagang di bawah dong, kan lu pergi. Nah itu enggak boleh, kita usahakan bersih (dari PKL)," jelas dia.

(OGI)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2zObvDD
December 07, 2018 at 02:49PM from METROTVnews.com https://ift.tt/2zObvDD
via IFTTT

No comments:

Post a Comment