Pages

Thursday, December 6, 2018

3.000 Koperasi di Jateng akan Dibubarkan

Semarang: Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah akan membubarkan koperasi yang sudah tidak aktif menjalankan usahanya lebih dari dua tahun. Kebanyakan merupakan koperasi simpan pinjam (KSP).

Kepala Dinkop dan UMKM Jateng, Emma Rachmawati mengatakan pihaknya berencana membubarkan sekitar tiga ribu koperasi di Jateng. 

"Masih ada potensi untuk dibubarkan tiga ribuan lebih di 2018 ini. Jadi, yang dari 25.996 koperasi  hanya 21.455 unit yang aktif. Ini masih proses terus," katanya di Semarang, Kamis 6 Desember 2018. 

Pada 2017, dinas juga membubarkan 3.600 dari 25 ribu koperasi. Saat ini, Dinkop dan UMKM Jateng tengah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi untuk membubarkan ribuan koperasi yang sudah tidak aktif tersebut.

"Jadi, Kabupaten Wonosobo itu kan hampir separuh sendiri. Misal dari 800an menjadi 400an koperasi. Wonogiri juga sama akan banyak yang kita nonaktifkan," ungkapnya. 

Kemudian, Emma menjelaskan, alasan membubarkan koperasi itu adalah tidak lagi menggelar rapat anggota tahunan (RAT) selama dua tahun berturut-turut dan tidak menjalankan usahanya.

"Yang paling banyak jenis KSP, kalau koperasi ritel masih bertahan. Dulu kan membentuk KSP sangat mudah, dan ada banyak bantuan untuk mendirikan koperasi," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Emma, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada koperasi yang akan berdiri. Yakni, dengan melakukan pendampingan sebelum koperasi tersebut berdiri dan menjalankan usahanya.

"Kami akan usulkan ke pusat, perlu ada pendampingan bagi yang akan mendirikan koperasi," tandasnya. 

(RRN)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2GfhJCb
December 06, 2018 at 08:21PM from METROTVnews.com https://ift.tt/2GfhJCb
via IFTTT

No comments:

Post a Comment