Pages

Thursday, January 3, 2019

Hidangan Raja Bakal Jamu Tamu Dhaup Ageng

Yogyakarta: Pura Pakualaman Yogyakarta menyiapkan hidangan raja untuk menjamu para tamu dalam acara pernikahan atau Dhaup Ageng putra Paku Alam X, Bendara Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Bimantoro dengan dr. Maya Lakshita Noorya. Resepsi pernikahan putra Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut akan berlangsung pada 5 Januari 2019.

Ketua Bidang Perlengkapan dan Umum Dhaup Ageng, K.R.T. Radyowisroyo, membeberkan berbagai menu yang akan disajikan saat acara Dhaup Ageng. Menu-menu yang itu dipilih dari kegemaran dari Paku Alam VIII hingga Paku Alam X.

Salah satu menu jamuannya saat acara resepsi dengan undangan para pejabat negara, yakni Pindang Serani. Pindang serani merupakan makanan khas berupa sup ikan laut. Bahan utamanya berupa ikan laut segar, dengan beberapa bumbu khas seperti belimbing wuluh, daun kemangi, tomat, dan bawang daun.

"Hidangan pembuka ini hampir selalu disajikan setiap kegiatan atau acara di Pura Pakualaman untuk menyambut para tamu. Rasa pindang serani merupakan perpaduan rasa pedas, asam dan manis terasa ringan dan segar," kata dia di Yogyakarta pada Kamis, 3 Januari 2019.

Ia mengatakan, panitia juga menyajikan menu Semut Lidah. Menu ini merupakan kegemaran Paku Alam X.

Lalu, ada menu Setup Jambu, yakni minuman rasa buah jambu segar dengan campuran rempah. Menu ini biasa juga disajikan di setiap kegiatan di Pura Pakualaman. "Setup jambu ini kegemaran sejak Paku Alam VIII sampai (Paku Alam) sekarang," ungkapnya.

Pada acara Pahargyan 6 Januari 2019, jamuan makanan kegemaran Paku Alam masih menjadi pilihan. Acara pahargyan ini dikhususkan untuk tamu masyarakat sekitar. Salah menu jamuannya yakni Nasi Gurih.

Nasi gurih atau biasa dikenal dengan nasi uduk adalah menu wajib yang dihidangkan dengan lalapan dan sayuran. Menu tersebut, kata dia, merupakan warisan dari leluhur Mataram.

"Kami juga menyajikan hidangan khas yakni rujak es krim. Rujak es krim ini biasanya bisa ditemui di sekitar Pura Pakualaman," ujarnya.
 

(SUR)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2GPTo5R
January 03, 2019 at 06:59PM from METROTVnews.com http://bit.ly/2GPTo5R
via IFTTT

No comments:

Post a Comment