Pages

Tuesday, January 29, 2019

Dinkes Cirebon Imbau Warga Pelihara Ikan Cupang

Juri menilai ikan cupang yang diikutkan dalam International Betta Show di kampus Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (8/9). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra.

Cirebon: Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat meminta kepada masyarakat untuk memelihara ikan cupang. Ikan yang biasa digunakan untuk kontes ikan aduan dan hias ini dianggap efektif untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti.

"Karena ikan cupang lebih dominan memakan jentik dibandingkan ikan lainnya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana di Cirebon, Jawa Barat, Rabu, 30 Januari 2018.

Nanang menjelaskan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Cirebon tahun ini mengalami peningkatan. Lebih tinggi dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

"Januari tahun lalu 27 kasus, sekarang 33 kasus," jelas Nanang 

Nanang meminta masyarakat secara swadaya melalukan memelihara ikan cupang dan menanam pohon lavender. Selain dua hal tersebut, Nanang juga menyebutkan, pihaknya sudah melakukan 11 kali pengasapan di sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon.

"Ada 6-7 titik di Cirebon Timur yang sudah dilakulan pengasapan," jelas Nanang.

(DEN)


Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2B8JTty
January 30, 2019 at 01:59PM from METROTVnews.com http://bit.ly/2B8JTty
via IFTTT

No comments:

Post a Comment